Sejalan dengan arah kebijakan pemerintah dalam upaya mengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui pendidikan, Yayasan Buana Pratama menyelengagarakan Perguruan Tinggi Informatika dan Pariwisata Citra Buana Indonesia dengan SK Mendiknas No. 183/D/0/2001 dan SK. Dirjen Dikti No. 3999/D/T/ 2003 yang selaras dengan kebijakan Pendidikan Nasional.

Yayasan Buana Pratama yang di prakarsai oleh Bpk. DR. H. Ade G. Iskandar, MM., M.Si. dan Bpk. Drs.Tjutju Djuhara, M.Pd.(Alm) beserta para praktisi dan akademisi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan, membulatkan tekadnya untuk membangun Perguruan Tinggi guna mengembangkan potensi generasi muda Indonesia yang mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan kesejahteraan umat. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka pada tanggal 2 Mei 1992 di dirikanlah Lembaga Pendidikan Profesi Citra Buana Indonesia yang merupakan cikal bakal lahirnya Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) dan Akademi Pariwisata (AKPAR) Citra Buana Indonesia.

Sebagai suatu lembaga pendidikan (formal & non formal) CBI  mengemban misi mencerdaskan dan mengembangkan kehidupan bangsa. CBI  juga bercita-cita menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial, dan pariwisata yang unggul dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, melakukan penelitian dan pengembangan ilmu untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia dan kemaslahatan umat manusia (Harkat Pendidikan Tinggi).

Dalam rangka mengoptimalisasikan  peran dan fungsi Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia khususnya dalam aspek aksesibilitas masyarakat mendapatkan pendidikan, CBI telah membangun kemitraan dengan berbagai Instansi/Lembaga Pendidikan/Perguruan Tinggi baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta. Sedangkan pengembangan dalam aspek peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, CBI telah membina jaringan kemitraan (relationship) dengan berbagai instansi, kerjasama tersebut meliputi pengembangan kelembagaan, pendidikan lanjutan, pelaksanaan praktek kerja (on the job training) dan bantuan penyaluran kerja. Demikian halnya upaya peningkatan kualitas proses penyelenggraan pendidikan dilakukan melalui pendidikan lanjutan para dosen dan staff ke jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Berkat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat Sukabumi pada khususnya dan masyarakat wilayah II Bogor, Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai instansi dengan diraihnya beberapa prestasi baik prestasi kelembagaan maupun prestasi kemahasiswaan.
Dengan Moto “Terpercaya karena kualitas, terdepan dalam Inovasi” CBI terus berupaya mengoptimalitasikan berbagai sumber daya yang dimiliki (resources) guna mengembangkan berbagai program pendidikan yang selaras dengan dinamika Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta relevan dengan tuntutan dunia industri / masyarakat. Amiin….


| Sekapur sirih | Visi dan Misi | Organisasi dan Pembina | Sambutan |