Posted by Administrator On May - 26 - 2016

41

SUKABUMI – Program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digulirkan pemerintah pada awal tahun lalu, nampaknya disambut baik Akademik Manajemen Informatika dan Komputer Akuntansi (AMIK) Citra Buana Indonesia (CBI) Sukabumi.

Hal ini terlihat dari antusiasme sejumlah dosen, alumni dan para mahasiswa AMIK CBI Sukabumi yang mengikuti kegiatan sosialisasi program penelitian, pekerjaan, magang dan beasiswa luar negeri yang diselenggarakan Kantor Urusan Internasional (KUI), belum lama ini.

Pengelola KUI, Didik Setiawan mengatakan, kedatangannya ke AMIK CBI ini sebagai jembatan untuk para dosen, alumni dan para mahasiswa yang hendak melanjutkan karir pendidikan ke jenjang S2 dan S3 serta karir usahanya di luar negeri. Untuk itu, sambung dia, setiap orang yang akan berangkat ke luar negeri agar mempersiapkan keterampilan bahasa asing khususnya bahasa Arab, Jepang, Inggris, Korea dan Mandarin.

“Sebab hal itu sudah menjadi ketentuan yang wajib, agar memperlancar komunikasi,” ujar Didik. Ia menambahkan, hal ini pun dilakukan sebagai bentuk dorongan untuk mengentaskan kesulitan dalam mencari pekerjaan, baik untuk alumni maupun mahasiswa. “Kami akan memberikan kesempatan bagi para alumni CBI dalam mengikuti seleksi kerja di perusahaan asing yang berada di Sukabumi,” akunya.

Didik mengungkapkan, dalam kinerjanya KUI sendiri akan melakukan tahapan seleksi dan akan mengurusi berbagai persyaratan para dosen atau mahasiswa yang akan meniti karir di luar negeri. “Kami berharap Kampus CBI dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara itu, Struktural CBI Roefaidah Harijati mengapresiasi program yang diluncurkan KUI. Menurut dia, hal ini untuk menjawab tantangan MEA di bidang teknologi dan pariwisata. Tidak hanya itu, pihaknya pun akan melakukan kerja sama antar universitas, dengan mendatangkan dosen dari luar negeri yang sesuai dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional. “Kami berharap bisa menjadi pusat informasi dan pelatihan proses pemberangkatan ke luar negeri,” harapnya.

Sumber : http://radarsukabumi.com/pendidikan/2016/03/22/cbi-siap-terbang-ke-luar-negeri/