Posted by admincbi On January - 2 - 2013

“Penggunaan media informasi diprediksi akan terus meningkat. Mahasiswa harus cerdas dalam memanfaatkan-nya, baik untuk kepentingan studi maupun kepentingan karir”.

Sukabumi Kota| CBI-OnLine |. Ketua Yayasan Perguruan Tinggi CBI Dr. H. Ade Gumilar Iskandar menegaskan kepada para mahasiswa peserta pelatihan dasar Jurnalistik agar bersikap cerdas dalam memanfaatkan media informasi. Menurut prediksinya pemanfaatan media informasi ini akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi yang aktual, dan kemajuan teknologi informasi.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan akses informasi, dewasa ini masyarakat semakin ‘familiar’ dengan teknologi informasi. “Prediksi saya, penggunaan media informasi diprediksi akan terus meningkat. Karena itu mahasiswa harus cerdas dalam memanfaatkan-nya baik untuk kepentingan studi maupun kepentingan karir” ujar Ade pada saat mengisi materi pelatihan dasar jurnalistik mahasiswa di Kampus CBI Rambay, Minggu (30/12).

Di tegaskan Ade kepada mahasiswa bahwa cerdas memanfaatkan media informasi diantaranya bijak dalam penggunaan jejaring sosial seperti Facebook. Menurutnya jejaring sosial yang merupakan salah satu media informasi yang banyak digunakan masyarakat bisa diibaratkan seperti pisau bermata dua. Di satu sisi, jika dimanfaatkan secara bijak dapat dimanfaatkan dalam rangka melakukan ‘personal branding’, maksudnya mahasiswa bisa mempromosikan dirinya akan kompetensi yang dimiliki-nya agar diketahui oleh para perusahaan/instansi yang membutuhkan tenaga-tenaga profesional. Namun jika dimanfaatkan hanya sebatas hiburan atau ajang curhat sesama ‘teman dekat’, justru bisa merusak pencitraan dirinya. Karena orang lain tidak menutup kemungkinan bisa mengakses kronologi akun yang digunakannya. “Karena itu, Mahasiswa harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi” Ujar Ade mengaskan.

Salah satu kiat cerdas mahasiswa dalam merintis karir dewasa ini menurut Ade yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan dalam menulis, termasuk menulis berita. Sehingga dengan memiliki kemampuan jurnalistik, mahasiswa dapat mengambil peranan dalam jurnalisme warga (Citizen Journalism). “Dengan semakin banyaknya karya tulis dimuat diberbagai media, dengan sendirinya orang lain akan memandang Anda sebagai mahasiswa yang ‘layak diperhitungkan’” Ujarnya.

Para mahasiswa yang merupakan perwakilan dari beberapa jurusan dan program studi sebanyak 40 orang mengikuti pelatihan dasar jurnalistik dengan penuh antusias, terlebih disaat Untung Bachtiar Pimpinan Redaksi Radar Sukabumi Cianjur hadir mengisi materi pelatihan. Pelatihan diselenggarakan selama dua hari (30/12 s.d 31/12) dan akan dilanjutkan pada program pelatihan mendatang. /Regi *)


*) Mahasiswa CBI Prog.Studi Manajemen Informatika Smt.6.