Posted by admincbi On December - 30 - 2012

Secara umum Citra Buana Indonesia atau CBI sudah manganut dan menerapkan sistem otonomi kampus, jauh sebelum lahirnya UU Nomer 12 tahum 2012 yang salah satu poin penting UU tersebut adalah berisi otonomi Perguruan Tinggi.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Menurut Badan Pengeola Harian CBI Sukabumi, Ipang bimbingan karir dan penyaluran kerja sudah tidak asing bagi khalayak Sukabumi bahwa di CBI tempat seleksi penyaluran kerja. “Awalnya perusahaan relasi CBI hanya untuk mahasiswa yang masih kuliah dan yang sudah tamat, tetapi karena permintaan meningkat terus, maka dibuka untuk umum,”katanya. Perguruan Tinggi lainnya beserta tamatan SLTA di Sukabumi sudah banyak disalurkan melalui CBI, sudah mencapai angka ribuan dari tahun 2000.

“Perusahaan PT.Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), PT.Cosmo Technology, dan lain-lain mempercayakan ke CBI sebagai tempat rekruitmen dan seleksi tenaga kerja,”sebutnya.

Ditambahkannya sedangkan untuk Jabodetabek tidak kurang dari 15 perusahaan besar yang menyerap dan sekaligus bekerjasama dengan CBI. “Belakangan ini CBI kontrak kerjasama dengan Bank BTPN, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Muamalat, Outsourcing BRI dan BNI untuk rekruitmen dan seleksi penerimaan tenaga kerja yang meliputi wilayah se-Jawa Barat,”paparnya. Karena, kontrak kerjasama dengan bank-bank tersebut langsung dengan tingkat wilayah Jawa Barat di Bandung. Terakhir Bank Syari’ah Mandiri-pun juga ikut serta.Untuk penyaluran luar negeri, tenaga kerja, skill beberapa PJTKI sudah menunjuk CBI sebagai centra Jawa Barat dan Sukabumi. “Sebut saja seperti PT Lansima, PT Barfo, dan lain-lain,”sebutnya lagi.

Out put dari proses tersebut dipandang perlu mengemukakan pertanyaan mendasar. Seberapa banyak masyarakat Sukabumi yang sudah merasakan manfaatnya? Ipang menjawab secara umum boleh dikatakan sudah ribuan orang warga Sukabumi termasuk mahasiswa CBI bisa bekerja di Sukabumi, Jabodetabek dan luar negeri dengan memanfaatkan bimbingan karir dan penyaluran kerja CBI. “Khusus terhadap mahasiswa CBI sendiri bagaimana? Rupanya di samping out put dalam negeri, dari lima tahun belakangan ini CBI support alumninya untuk luar negeri,”tuturnya. Ia menjelaskan kembali sampai tahun 2012 alumni CBI sudah menyebar di tiga belas negara. Menurutnya para alumni yang sudah bekerja di luar negeri ini terkadang bila balik liburan ke Indonesia dikumpulkan Asep SG, dosen Pembina Alumni CBI.”Yakni, untuk sekadar silaturahmi dan menanyakan peluang lowongan kerja di luar negri bagi adik tingkatnya di CBI,”jelasnya.

Source : http://radarsukabumi.com/?p=43250