Posted by admincbi On December - 30 - 2012

SUKABUMI– Berdasarkan informasi atau bocoran yang didapat Radar Sukabumi bahwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten telah mengumumkan Amik Citra Buana Indonesia (CBI) Sukabumi menempati peringkat III terbaik se-Jabar dan Banten untuk tingkat akademi dari 141 akademi se-Jabar dan Banten.Ini diumumkan pada saat workshop klasifikasi peringkat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Bandung pada 10-11 Desember 2012 yang salah satu pihak penilai adalah guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) di samping pihak kopertis itu sendiri.

Saat dikonfirmasi ke Amik CBI Sukabumi melalui Badan Pengelola Harian Yayasan Buana Pratama sebagai Penyelenggaraan Perguruan Tinggi CBI Sukaumi, Rafdi menjelaskan bahwa informasi tersebut sebenarnya tidak untuk konsumsi publik. “Karena, Kopertis baru mengadakan uji coba klasifikasi dan perangkingan PTS se-Jabar dan Banten pada 2012,”jelasnya. Walaupun, sambung Rafdi, kopertis telah melakukan proses penilaian ini memakan waktu tidak kurang dari satu bulan mulai dari proses pemberitahuan ke PTS, pengirimian data ke kopertis, visitasi kopertis, dan sampai pada pengolahan data sekaligus hasil final.

Menurut Rafdi uji coba itu sendiri menimbulkan perdebatan dan pertanyaan terutama dari kalangan PTS yang meliputi masalah, apakah hanya 75 PTS yang sesuai standarisasi awal/penilaian awal dari 475 PTS se-Jabar-Banten? Kemudian, sambungnya, metode apa saja yang dipakai dalam menilai? Apakah ada kelemahan atau kekurangan sewaktu melakukan penilaian? Ia menjelaskan, sebagian PTS dari 75 PTS yang masuk nominasi tersebut ada juga yang kurang lengkap.”Bagi, CBI sendiri, walaupun mendapat peringkat/rangking III dalam tahap uji coba akan dijadikan bahan motivasi untuk penilaian secara resmi nantinya yang insya Allah Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten akan melaksanakan klasifikasi dan perangkingan PTS se-Jabar Banten pada 2013,”pungkasnya. (dit)

Source : http://radarsukabumi.com/?p=41089