Posted by admincbi On December - 9 - 2012

Ketika kita hendak mencari sesuatu di internet apa hal yang pertama kali kita ingat ? Sebuah mesin pencari tentunya, dan dalam beberapa tahun terakhir ini Google sudah sangat dikenal sebagai sebuah mesin pencari hebat yang merajai internet.

Bagaimana cara google menerjemahkan bahasa manusia kedalam query pencarian ?

Pencarian Google :

  • Semua kata yang anda masukan kedalam textbox search google akan digunakan untuk pencarian.
  • Pecarian google adalah case insensitive (tidak membedakan huruf kapital atau tidak) jadi anda tidak perlu menuliskan “Barack Obama” untuk pencarian “barack obama” karena dua frasa tersebut dianggap sama.
  • Umumnya tanda baca seperti: @#$%^&*()=[]\ diabaikan oleh google.

Tips untuk pencarian yang lebih baik :

  • Sederhanakan keyword, Misalnya anda ingin mencari kantor google di jakarta. anda cukup menggunakan keyword “google jakarta” tidak perlu anda menuliskan “dimanakah letak kantor google di jakarta?”
  • Pikirkan bagaimana halaman yang anda ini cari ditulis didalam sebuah konten. Search Engine bukanlah manusia, Search engine mencocokan apa yang anda cari dengan konten dari halaman yang ada, Maka gunakanlah bahasa yang sering digunakan. misalnya : “mesin elektrik pembuat kopi” diganti dengan “coffee maker”.
  • Jelaskan apa yang anda cari dengan syarat sedikit mungkin, misalnya : “laporan cuaca di jakarta hari ini” gantilah dengan “cuaca jakarta”.
  • Pilihan kata penjelasan. Semakin unik kata penjelasan yang anda masukan, Makin relevan hasil yang akan anda dapatkan. contoh untuk kata restoran, masukan kata pejelasan sesuai yang anda maksud seperti restoran sunda, restoran eropa, restoran vegetarian, dan sebagainya.

Pada umumnya pencarian dasar ini sudah cukup untuk menemukan page yang anda cari, namun kadang anda memerlukan sesuatu yang lebih powerful.

Prioritas

Google mengenali prioritas pencarian, dengan menggunakan tanda “” misalanya anda ingin mencari dengan keyword : biografi “barack obama” maka pencarian anda akan diprioritaskan pada “barack obama”, namun hati-hati ketika menggunakan prioritas karena anda akan mengabaikan hasil dari konten lain yang mungkin relevan dengan keyword anda, Namun tidak sesuai dengan kata penegas/prioritas, dalam kasus ini misalnya “barack husain obama”.

Pengkondisian terhadap kata yang tidak diginkan

Tanda minus (-) yang disisipkan di depan dari kata pencarian akan mengexclude hasil dari pencarian yang mengandung kata tersebut misalnya, “search engine -google” query ini berarti anda mencari search engine selain google.

Phrasa, perioritas, dan pengecualian kata :
Asterik (*)

Misalkan kita ingin mencari konten yang relatif tentang informasi indocomtech jakarta, jika kita menggunakan query ini : [indocomtech * jakarta] maka, anda akan mendapatkan result tentang indocomtech 2009 jakarta, indocomtech 2010 jakarta, indocomtech terbesar yang diselenggarakan di jakarta, dan sejenisnya.

Minus (-)

Bandingkan antara pengunaan query berikut ini, [sepeda fixie keren] dan [sepeda fixie keren -gaya], Jika query pertama menyajikan lis konten salah satunya video gaya keren sepeda fixie maka dengan query kedua lis tersebut tidak tersaji.

Operarator OR, AND

Kusus untuk menggunakan operator google menerapkan case sensitive, jadi akan menghasilkan informasi yang berbeda anatara kata kunci [uerope OR america] dan [uerope or america] begitu juga dengan AND.
OR, digunakan untuk mencari kata yang relatif dengan kata kunci yang dibandingkan dikeduanya anda bisa mencoba dengan kata kunci [study in europe OR america] coba bandingankan dengan kata kunci [study in europe america]. AND, digunakan untuk mencari kata yang berkelanjutan dengan kata yang menerangkan di belakangnya.

Tanda Baca / Punctuation

Tidak semua tanda baca diabaikan, misalkan: [C++], [C#] yang mana kedua contoh tadi adalah nama dari bahasa pemrograman. Begitu juga dengan $ untuk menghasilkan pencarian lebih baik anda perlu mencantumkan $ untuk pencarian yang mencantumkan harga. sebagai contoh adalah [notebook $500] lebih baik dari [notebook 500 dolar]. Tanda _ tidak diabaikan asal sesuai dalam penggunaanya misalkan : [quick_short] atau fungsi-fungsi pemrograman yang banyak menggunakan tanda ini sebagai contoh : [str_replace]

Kata yang biasa digunakan seperti a, an, the, for, who diabaikan oleh pencarian google, namun tetap ada pengecualian, misalkan anda mencari dengan kata kunci [the who] sebuah group band, atau [WHO] organisasi kesehatan PBB, atau [who is] yang merupakan website informasi domain.

Anda bisa menerapkan kombinasi pecarian tersebut untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan informasi yang ingin ada dapatkan, Selamat mencoba..

Source : Chip.co.id,