Posted by admincbi On December - 3 - 2012

Kebijakan pembangunan Pendidikan Nasional saat ini diarahkan untuk mewujudkan pendidikan berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat baik lokal, nasional maupun global, sehingga mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dalam penyelenggaraan pendidikan nasional bertumpu pada tiga tema, yaitu: 1) Pemerataan dan perluasan akses, 2) Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan 3) Peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Sejalan dengan kebijakan dimaksud diatas dalam upaya mengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui pendidikan, Yayasan Buana Pratama selaku penyelenggara Lembaga Pendidikan Citra Buana Indonesia memiliki komitmen untuk terus berkarya melalui penyelenggaraan kursus-kursus keterampilan yang bermutu dan berkelanjutan. Hal ini telah ditegaskan dengan visinya yaitu “Terpercaya karena Kualitas terdepan dalam Inovasi”. Untuk mewujudkan visi tersebut, penyelenggaraan pendidikan di Citra Buana Indonesia terus dikembangkan sesuai dengan potensi wilayah / lokal serta mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional khususnya kebijakan pendidikan non formal.

Terdapat dua aspek penting dalam merealisasikan serta mengopersionalisasikan Visi CBI yaitu Aspek Kualitas dan Inovasi dima dua hal ini merupakan komitmen CBI untuk terus menjaga eksistensi serta kelangsungan CBI di masa depan. Kualitas Pendidikan lebih terfokus kepada peningkatan relevansi kurikulum dengan kebutuhan / perkembangan dari dunia Industri sehingga banyak tenaga praktisi yang dilibatkan dalam proses pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Kualitas Layanan juga menjadi prioitas pengembangan CBI untuk memberikan kepuasan kepada stakholder baik Internal maupun Eksternal,
Selanjuutnya Aspek penting lainnya adalah Inovasi. Inovasi dapat dimaknai sebagai upaya perbaikan secara berkesinambungan yang selaras dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Maka dariitu CBI selalu MengUpgrade diri baik di bidang akademik maupun non akademik.

Dalam perjalanannya CBI terus melakukan pembenahan dan pengembangan kelembagaan yang terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan Misi dan Misi serta Statuta yang telah di tetapkan Yayasan Buana Pratama selaku Badan Hukum Penyelengaara Pendidikan.
Menyadari penyingnya membina hubungan kerjasama kemitraan antar instansi, CBI telah mejalin kerjasama kelembagaan/antar Instansi yang umumnya dilaksanakan dalam Pengembangan Kelembagaan (Kantor cabang) dan penyaluran tenaga kerja oleh Lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) Citra Buana Indonesia. Bursa Kerja CBI Tasikmalaya saat ini masih dalam pembinaan BKK CBI Pusat (belum otonomi penuh) karena belum berpengalaman dalam meyalurkan para alumni dan masyarakat pencari kerja ke berbagai perusahaan / instansi baik di dalam maupun luar negeri.